Objek Wisata Masjid Agung Pondok Tinggi

19:21 Uhang Kinca 0 Comments

Masjid Agung Pondok Tinggi
terletak di Desa Pondok Tinggi Kota Sungai Penuh Kerinci.Masjid Agung Pondok Tinggi dibangun pada tahun 1874 secara gotong royong oleh seluruh warga dusun. Setelah pembuatan fondasi selesai dan kayu terkumpul, dibentuk- lah semacam panitia pelaksana pembangunan yang dipimpin oleh empat orang jenang ‘pengurus’ yang dipilih dari masing-masing lurah, yaitu: Bapak/ayahnya Rukun (Rio Mandaro), Bapak/ayahnya Hasip (Rio Pati), Bapak/ayahnya Timah Taat dan Haji Rajo Saleh (Rio Tumengung). Rancangan masjid dipilih berdasarkan masukan dari empat orang perencana. Yang terpilih adalah rancangan yang dibuat oleh Bapak/ayahnya M. Tiru dari Rio Mandaro. Untuk melaksanakan pekerjaan pembangunan, dipilihlah 12 orang tenaga ahli pertukangan.

Setelah semua persiapan beres maka dimulailah pekerjaan mendirikan tiang dan dinding masjid pada hari Rabu, 1 Juni 1874 M. Masjid Agung Pondok Tinggi ini ditopang oleh 36 buah tiang besar dan kokoh, dibagi dalam tiga jenis, yaitu sebagai berikut:

Tiang Panjang Sambilea (sembilan) sebanyak empat buah, Keempat tiang tersebut dinamai Tiang Tuo (Jawa: sokoguru), Tiang Panjang Limau (lima) sebanyak delapan buah,
Tiang Panjang Duea (dua) sebanyak 24 buah.

Bentuk atap Masjid Agung Ondok Tinggi yang berupa atap tumpang bersusun tiga, makin ke atas makin kecil, dan paling puncak berbentuk. limas melambangkan tatanan hidup masyarakat Kerinci yang berketuhanan, yakni: bapucak satau, barempe juroi, batingkat tigae. Artinya berpucuk satu, berjurai empat, dan bertingkat tiga.

Masjid ini pada tahun 1953 pemah dikunjungi wakil presiden Dr. Mohammad Hatta. Bung Hatta berpesan agar masjid agung ini dilestarikan dan dipelihara dengan baik sebagai warisan budaya yang sangat berharga.  

0 comments: