Objek Wisata Masjid Keramat

19:37 Uhang Kinca 0 Comments

Masjid Keramat 
terletak Desa Koto Tuo Pulau Tengah,Kabupaten Kerinci, Kecamatan Keliling Danau.Dinamai Masjid Keramat karena masjid ini dalam riwayatnya selalu terhindar dari bencana yang terjadi di desa itu, antara lain kebakaran hebat pada tahun 1903 dan 1939. Juga gempa bumi dahsyat yang terjadi pada tahun 1942, tidak berpengaruh apa-apa terhadap masjid itu. Oleh karenanya, dapat dipahami jika masyarakat di desa itu menamai masjid tua ini dengan nama Masjid Keramat.

Masjid Keramat terdiri atas tiga bagian, yaitu Beranda, Bangunan Induk, dan Lapangan. Disamping itu di sudut tenggara masjid terdapat sebuah jembatan kayu, yang sesungguhnya merupakan bagian dari masjid juga. 
Semua bagian Masjid keramat itu dibuat sedemikian rupa sehingga tidak satu pakupun yang digunakan pada persambungannya, baik paku kayu apalagi paku besi.

Bentuk asli Masjid Keramat itu semula terdiri dari bangunan induk saja, dengan denah bujur sangkar. Masjid ini memiliki sebuah tiang utama (sokoguru) yang menopang atap tumpang ketiga, 4 buah tiang di tengah ruangan dan 20 buah tiang pinggir, yang semuanya berfungsi menopang atap masjid.

Lapangan pada Masjid Keramat untuk ukurannya cukup luas di bagian barat. Lapangan itu dahulu berfungsi sebagai tempat mengadakan keramaian-keramaian pada hari-hari tertentu, terutama yang berhubungan dengan acara hari besar Islam. Di lapangan itulah masa lalu rakyat biasanya berkumpul menyaksikan pertunjukan pencak silat, tale atau kasidah dan hiburan lainnya dalam rangka menyambut peristiwa penting atau ke-datangan hari besar Islam.

0 comments: