Objek Wisata Danau Lingkat

19:55 Uhang Kinca 0 Comments

Danau Lingkat
dalam bahasa Indonesia "Lingkat" artinya "Rantang", Danau ini terletak di bibir hutan Taman Nasional Kerinci Sebelat, tepat nya di Desa Lempur Mudik Kecamatan Gunung Raya Kabupaten Kerinci.Suasana alam yang teduh dan rindang, di seberang danau ini terdapat sebuah batu besar, unik nya warna batu tersebut berbelang - belang, kemudian batu tersebut di beri nama "Batu belang" pada saat matahari mulai bersinar kita bisa mendengarkan suara binatang siamang dan binatang lainya ketika matahari mulai bersinar. 
Kita dapat menjelajah danau ini dengan menggunakan rakit  bambu sambil menyaksikan alam eksotis. untuk bisa samapai kedanau ini kita bisa menggunakan roda 2 atau roda 4. Menurut cerita masyarakat setempat salah satu pojok Danau ini di percaya sebagai tempat pemandian tujuh Putri Dewa penguasa Danau, waktu Putri - Putri itu mandi bisa di ketahui mekarnya Bunga di sekitar tempat pemandian pada saat tertentu. menariknya lagi apabila bunga itu mekar akan mengelurkan aroma yang sangat wangi. 
Danau Ini di berinama Lingkat konon air danau tersebut pernah di timba oleh nenek moyang masyarakat setempat mengngunakan rantang. ceritanya dulu ada seorang gadis kecil dari desa Selampung hilang saat naik perahu di danau ini. karena anak nya tidak pulang kerumah. Orang tua si gadis, di bantu masyrakat setempat pergi mencari ke danau, tapi usaha itu sia sia. Malam harinya, seorang tokoh adat bermimpi. di beri tahu bahwa si gadis itu dibawa oleh mahluk halus penghuni Danau tersebut. Ke esokan harinya warga kembali  melakukan pencarian. Air danau di timba ramai  -ramai menggunakan Rantang, namun sigadis itu tetap saja tidak ketemu.
Percaya atau tidak yang pasti danau ini masih menyimpan banyak misteri, dan patut di jadikan tujuan wisata.  

0 comments: