Kerinci Jambi

07:59 Uhang Kinca 0 Comments

"Negri Sekepal tanah Surga"
Sebelum kita bahas tentang Negri Sekepal Tanah Surga ini, Penulis Ingin bertanya ada yang tau negri ini dimana? Baik bagi yang belum mengetahui nya, Negri ini berada di Provinsi Jambi,Penulis akan  menjelaskan tentang Provinsi ini terlebih dahulu. Provinsi Jambi terletak di pesisir timur dibagian tengah tengah Pulau Sumatra. Jambi adalah salah satu dari tiga Provinsi di Indonesia ibukotanya bernama sama dengan nama Provinsi nya selain Bengkulu dan Gorontalo. Topografi di Jambi itu berbeda – beda dari wilayah daratan di sebelah timur dan di ujung barat Provinsi ini yang berbatasan dengan Kabupaten Solok Selatan Sumatra Barat terdapat daerah “KERINCI” daerah ini di juluki dengan "Sekepal Tanah Surga Yang Tercampakkan Ke Bumi" oleh penyair setempat, karena keindahan dan kemegahan alamnya.
hambaran sawah, bukit barisan dan danau krinci
Ketika kita berkunjung ke negri sekepal tanah surga ini kitakan akan menemukan sesuatu yang menahjupkan ciptan Yang Maha Kuasa. ke asrian alamnya masih terjaga, hawa kesejukan akan terasa dari awal masuk ke negri ini, kemudian kita akan disajikan dengan pemandangan yang luar biasa dimana bukit - bukit barisan yang di padukan dengan hamparan sawah dan danau kerinci. seperti yang terlihat di gambardiatas.
hamparan kebunteh terluas di dunia dan gunung kerinci
kemudian pemandangan gunung yang di padukan dengan dengan hamparan perkebunan teh yang terluas di dunia. Sebagai informasi tambahan Gunung Kerinci adalah gunung merapi tertinggi di Indonesia dan puncak teringgi diluar papua dengan ketinggian 3805 meter diatas permukaan laut. Jika kita berada di puncak  Gunung Kerinci mata kita akan dimajakanlagi dengan melihat di kejauhan membentang pemandangan yang indah Kota Jambi, Padang dan Bengkulu. Bahkan samudra hidia yang luas dapat kita lihat dengan jelas. dan Gunung Kerinici dinobatkan sebagai Icon wisata jambi oleh mentri parawisata RI Arief Yahya, alasannya sederhana kata Mentri Parawisata Arif, Kerinci sudah masuk kedalam World Heritage UNESCO. Dan disekitarnya pun terdapatbanyak objek wista lain yang akan memperkuat Kerinci sebagai Icon Wisata Jambi. Beberapa tempat Wisata di Negri Sekepal Tanah surga, Gunung Kerinci, Danau Gunung Tujuh, Danau Kerinci, Danau Kaco, Danau Lingkat, Danau Duo, Air Terjun Pancuran Rayo, Air Terjun Telun Berasap, Airterjun Talang Kemulun, Airterjun Ranah Pemetik, Air Terjun Tingkat, Kebun Teh Terluas di dunia, Bukit kayangan, dll masih banyak lagi pokoknya “Janagan mati dulu deh sebelum ke Kerinci” untuk informasi Wisata lebih lengkap bisa baca pada artikel “Objek Wisata”.

Selain memiliki keindahan alam di negri ini juga memilki peninggalan - peninggalan Sejarah bahkan peninggalan di Zaman Purbakala bisa kita temukan di negri ini. untuk informasi lebih lanjut  kita bisa baca pada Artikel "Peninggalan Sejarah dan Purbakala di Kerinci Jambi". dan juga tidak kalah unik nya lagi di negri ini juga memiliki bahasa, dialek, dan bahkan penekanan logat yang berbeda - beda di setiap desa. Jadi janganlah heran ketika anda berkunjung ke satu desa kemudian kedesa sebelah nya, akan menemukan bahasa yang berbeda pula. dan bahkan terkadang ada yang tidak mengerti apa yang dikatakan temannya sendiri yang berasal dari desa lain. untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai basa kita bisa baca pada artikel "Bahasa Kerinci Jambi" Atau buktikan sendiri deh dengan datang langsung ke negri ini  



0 comments: