Objek _Wisata _Gentala_Arasy

20:19 Uhang Kinca 0 Comments

Gentala Arasy
adalah salah satu icon di kota Jambi. Jembatan pedestrian atau jembatan khusus penyebarangan orang, yang membentang sepanjang 503 meter di atas Sungai Batanghari, Kota Jambi itu diresmikan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla pada bulan Maret 2015 .
Sebenarnya ada dua objek di lokasi ini, yaitu menara Gentala Arasy dan jembatan Pedestrian. Tapi kebanyakan orang-orang menyebutnya jembatan Gentala Arasy. Lokasi ini adalah salah satu objek wisata di kota Jambi dan tidak afdol jika tidak kesini saat anda sedang berada di Jambi.
Jembatan Pendestrian ini kabarnya mengadopsi bentuk dari Jembatan Golden Gate di Amerika. Keduanya hampir terlihat sama, menggunakan cable stayed di sisi-sisinya. Jembatan Golden Gate merupakan jembatan yang terpopuler di dunia, agaknya ini juga bakal disandang Pendestrian sebagai satu dari sekian banyak ikon Jambi.

Jembatan pendestrian ini menghubungkan Taman Tanggo Rajo dengan Kota Seberang. Menara Gentala Arasy adalah satu ikon Jambi yang ada di seberang Kota Jambi. Pada dua sisinya terpasang kaligrafi dari stainless yang berlafal Allah dan Muhammad. Gentala Arasy adalah sebuah menara yang tingginya mencapai 80 meter. Bagian atasnya terpasang speaker yang terhubung dengan masjid Al Falah. Saat tiba waktu sholat, suara adzan yang dikumandangkan akan terdengar jelas melalui speaker. Seberang didaulat sebagai Kota Religi sekaligus kota Budaya Jambi.

0 comments: