Objek Wisata Masjid Alfalah (1000 Tiang)

19:09 Uhang Kinca 0 Comments

Masjid Seribu Tiang
Terletak di tengah-tengah kota jambi, berada di Ruas jalan yang sama dengan pasar Induk Angso Duo, PDAM Tirta Mayang, dan juga Museum Perjuangan Rakyat Jambi.

Karena letaknya yang berada di tengah-tengah kota jambi dan masjid agung Al-Falah ini juga merupakan ikon atau simbol kota Jambi. Lalu, jika anda menggunakan kendaraan umum atau angkot, anda tidak perlu khawatir, karena untuk menuju Jalan Sultan Thaha ini, banyak sekali pilihan angkot yang bisa anda gunakan.

Sejarah Singkat Dulunya tanah dimana Masjid Seribu Tiang ini berdiri adalah istana tanah pilih Sultan Thaha. Suatu hari istana ini dihancurkan oleh koloni Belanda karena terjadinya pembatalan perjanjian oleh Sultan Thaha karena menurut sultan, perjanjian yang diajukan oleh Belanda cukup merugikan masyarakat Jambi.

Setelah diproklamasikannya kemerdekaan Negara Republik Indonesia, dan tepat pada tanggal 29 September 1980, Masjid Agung Al-Falah ini diresmikan oleh Bapak Soeharto, yang menjabat sebagai Presiden RI pada waktu itu. Wisata Masjid Agung Al-Falah ini dibangun diatas lahan tanah sebesar 2,7 Ha dan memiliki luas bangunan sebesar 4.600 meter persegi, masjid ini adalah masjid terbesar di kota Jambi.

Masa pembangunannya pun cukup memakan waktu lama, kurang lebih dalam kurun waktu sekitar 9 tahun bangunan untuk menyelesaikan bangunan ini. Menurut informasi yang ada Masjid Agung Al-Falah ini dibangun mulai tahun 1971 sampai selesai di tahun 1980. Walaupun lebih dikenal dengan nama masjid seribu tiang, tapi tiang penyangga (pilar) yang ada di masjid ini hanya sebanyak 256 buah.
Memang cukup banyak, maka dari itu masjid ini popular dengan sebutan tersebut, Masjid Seribu Tiang.

0 comments: