Objek Wisata Danau Kumbang

20:23 Uhang Kinca 0 Comments

Danau Kumbang
Terletak di Desa Sungai Lalang, Kecamatan Sungai Tenang, area Gunung Masurai, Kabupaten Merangin. Dan masih berada dalam kawasan hutan Taman Nasional Kerinci Sebelat. Nama Kumbang yang diberikan pada danau ini juga memiliki cerita unik. Konon dahulu disekitar danau sering dijumpai Macan Kumbang, oleh karena itulah kemudian dinamakan Danau Kumbang. Menariknya, disekitar danau dijumpai pula bunga keabadian atau Edelweiss.  
Untuk Sampai ke Danau Kumbang,memerlukan waktu sekitar 8 jam perjalanan kaki mendaki gunung Masurai. Jalur yang ditempuh juga cukup terjal, banyak tanjakan tinggi yang akan menguras tenaga. Sekitar dua jam jalan baru sampai pintu rimba, Anda harus melanjutkan sekitar enam jam lagi untuk sampai Danau Kumbang. Perjalanan yang melelahkan, menguras tenaga dan menderu nafas. Danau Kumbang berada di bawah puncak 1 Gunung Masurai. Sampai di puncak 1, Anda bisa melihat dengan jelas sebuah cekungan besar berair jernih, dikelilingi hutan tropis lebat, Taman Nasional Kerinci Seblat.
Anda butuh waktu 30 menit menuruni puncak 1 hingga sampai di tepi danau. Rasa lelah dan nafas Anda yang terengah-engah, seketika plong saat kaki Anda menjejak di bebatuan tepi danau. Suasa tenang, sejuk, rasanya benar-benar damai.Jika beruntung, di sana Anda akan melihat hamparan bunga edelweis yang bermekaran, bukan putih tetapi merah muda. Anda juga bisa mendirikan tenda bila ingin menikmati suasana malam yang tenang. Dan ketika pagi menjemput, bersiaplah menikmati sejuknya udara pagi di tepi danau.

0 comments: